Budaya Kotawaringin Barat

 

Di Kotawaringin Barat terdapat beberapa Budaya yaitu:

 

  • Pawai Budaya Nasi Adat

nasi-adab21 ns-adab2

Pawai Budaya Nasi Adat (Nasi Tumpeng Kuning dengan hiasan khas) dilaksanakan di Kabupaten Kotawaringin Barat setiap tahunnya untuk memeriahkan peringatan hari jadi lahirnya Kabupaten Kotawaringin Barat yang jatuh pada tanggal 3 Oktober. Pawai ini diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat yang mencakup desa/kelurahan dan kecamatan masing-masing serta didukung oleh seluruh pemerintah atau instansi se-KAbupaten Kotawaringin

  • Dayung

Lomba dayung sampan ini merupakan salah satu acara yang dapat dinikmati oleh para wisatawan dan juga merupakan salah satu acara yang ikut memeriahkan dalam rangka hari jadi Kabupaten. Acara ini di laksanakan di sungai Buun. dan di ikuti oleh warga dari berbagai RT,dan dari kelurahan yang berbeda.dengan menghias kapal dan juga sampan mereka untuk dan ada juga yang di kapalnya ada penarinya,semakin bagus kapalnya dan juga orang-orang yang ada di kapal maka akan semakin menarik perhatian para penonton

lmb-dayung

  • Sumpit

Sumpit adalah pertandingan yang dilakukan di hari jadi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lomba ini banyak di ikuti oleh orang-orang yang pandai dan mahir dalam menyumpit.bah kan sumpit di jadikan lomba olah raga untuk tingkat provinsi.

lomba-sumpit

  • Tari-tarian 

seni-tr12 tr41

Tarian “ KEMBANG PANDAN” merupakan salah satu tarian yang bisa dinikmati dalam acara hari jadi daerah Kabupaten Kotawaringin Barat. Tarian ini berasal dari daerah pedalaman Dayak Kotawaringin Barat.

Tarian “BAGONDANG” merupakan tarian adata yang dilakukan untuk menerima tamu-tamu kehormatan.

Tarian “MANUNGGAL” juga merupakan tarian yang berasal dari pedalaman yaitu tarian yang menggambarkan menanam padi secara bergotong royong.
Tarian “KIPAS DAYUNG” merupakan tarian yang dibawakan oleh putrid-putri Dayak Kotawaringin Barat.

 

sumber: Klik

0 thoughts on “Budaya Kotawaringin Barat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *